kebudayaan betawi – Hikayat Ma’ruf Eskape. Audzubillahiminasysyaitonirrijiem. Bismillahirrahmanirrahiem. Alhamdulillahi rabbil ‘alamien, wabihi nastaien, ‘ala umuuriddunya waddien, wassolatu wassalamu ‘ala asyrafil anbiyai walmursalin, wa’ala alihi wasohbihi ajmaien. Amma ba’du.
Sudara, kite bersyukur kepada Allah, bahwa saat ini kite bersame masih diberi nikmat sehat wal afiat sehingga kite masih bisa bersilaturrahmi di tempat yang mulia ini dalem suasana gembira penuh persaudaraan. Saye ngucapin beribu-ribu terime kasih yang mane kite diterima dengan ikhlas hati di rume ini. Rasenye rume ini jadi rume saye sendiri. Saya ngucapin terima kasih kepada keluarga Bang Haji Mustofa, lantaran saya diminta bawain sohibul hikayat di malem mangkat ini. Tentunye saya juga mao ngucapin selamet menempuh hidup baru buat calon penganten Bang Syaifulloh, yang besok bakal ngucapi ijab qobul ama calon bininya Mudzalifah.
Hikayat Ma’ruf Eskape – Malem ini tentu malem yang deg-degan buat Bang Ipul. Dia nggak sabar nungguin pagi. Kapaaan pagi, kapaaan pagi. Sebab dia pengen buru-buru duduk nikah. Jangan ampe Bang Ipul senewen, maka baiklah saya mao kasih nasehat sambil hiburan sedikit. Saya mao bawain hikayat yang berjudul “Hikayat Ma’ruf Eskape”. Maka hikayat saya bawakan.
Alkisah kata pujangga yang empunya cerita, adalah di sebuah benua negeri Azraki seorang raja muda bernama Ma’rup Eskape. Dia belon kawin-kawin maski pun umur sudah masup tigapuluh. Ayahnya, Maharaja Syamsul Ulum, menyuruhnya kawin, tapi dia nggak kepengen lantaran belon ada yang cocok.
”Anakenda Ma’rup, kenapa anakenda nggak mao kawin, ‘kan kawin enak. Saban malem anakenda bisa perang jabatan sama timpalan anakenda,” kata Maharaja. ”Ayahanda menjadi bingung, bukan apa-apa, ayahanda kuatir empet-empetan anakenda tidak bisa nonga’,” lanjut Maharaja lagi. ”Bebiji-biji calon sudah ayahanda bawa ke sini, tapi anakenda menulak, anakenda seperti orang koh-kohan. Tulung jawab ayahanda punya persualan, Ma’rup!” Maharaja mendedes Ma’rup.
”Ampun ayahanda, ibunda juga sekalian, empet-empetan anakenda bisa nonga’, biji korma anakenda juga mulus, tidak ada persualan, tapi anakenda belon kepengen sama calon-calon yang dibawa ke sini.” Menyahut Ma’rup.
”Ma’rup kepengen nyang pegimane, Harsani Siti kapan cakep, idungnya mancung serundang, leher jungjang Semarang, muka nirus besetèr kayak bulan patblas ari, kalu jalan lenggangnya kayak cendol berarakan. Jawab Ma’rup, pengen perempuan yang pagimane, ayahanda cariken. Jangan ini nulak itu nulak. Pengabisannya bikin malu pada ayahanda punya diri.” Maharaja mulai marah.
”Rup, jawab dong, Rup, babelu ude mulain naek darah tuh!” Permaisuri nimpalin.
”Ma’ap ayahanda, ma’ap ibunda, anakenda sekarang braniin diri menjawab. Anakenda nggak kepengen kawin sama orang, anakenda pengen bidadari.”
”Ma’rup. Ayahanda baru sadar sekarang, punya anak lelaki satu-satunya otaknya sepèleng. Mau cari dimana tu bidadari Rup. Aduh. Ma’rup…, Ma’rup.”
”Ma’ap ayahanda. Anakenda nggak sepeleng, ginjong, setrip, atawa miring. Anakenda anak ayahanda yang normal. Ayahanda, ibunda, jangan pikirin anakenda. Anakenda aken minta tulung cari’in sama Dato.” Ma’rup kerasin pendiriannya.
”Dato? Dato siape Rup? Jangan-jangan dukun gile, ye kakenda.” Permaisuri menyahut sambil menoleh ke Maharaja.
”Ma’rup. Jawab pertanyaan ibunda dengen sigra.” Maharaja mendesak.
”Ma’ap ibunda. Dato buka dukun gile. Dato adalah satu mahluk bangsa jin yang bersemayam di dasar lautan yang bernama krajan jin Tamtam Jaduljan.” Ma’rup banggain Dato.
”Kaget-kaget makan nasi ama garem. Rup tu Dato jin? Siape namanye, Rup?” Permaisuri penasaran mau tahu.
”Betul Rup. Ma’rup bikin bingung ayahanda. Tu jin kemari naek ape, helicak? Apa naek ustin?” Maharaja ikut mendesak.
”Namenye Afrijul Gaos. Dato kemari ga naek ape-ape, tibang Ma’rup tepokin juga die nongol.”
”Emh emh emh, serem amat namenye, pagimane tongkrongannye tu jin. Name Afrijul Gaos…” Permaisuri ngedumel.
Tau-tau Ma’rup menepuk tangannya berulang-ulang. Raja dan permaisuri kaget, tiba-tiba Raja Syamsul Ulum dan permaisur melihat satu mahluk bangsa jin yang tinggi besar. Pake jengki ama gesper, kaos genggang, perutnye mengsong, kepalenye persegi tiga, ude gitu botak, lagi merosot dari loteng. Gusrak.
”Hua ha ha ha ha hua ha ha ha ha, cucu, apa khabar Dato dipanggil? Ini siapaan nih?” Jin Afrijul Gaos menunjuk raja dan permaisuri. ”Cucu, kenapa ada orang-orangan sawah sepasang di sini? Hua ha ha ha…”
”To, tu bapa ama ibu saye, bukan orang-orangan sawah. Bapa saye raja, ibu saye permaisuri dari kerajan benua negeri Azraki.” Kata Ma’rup.
”Ma’ap raja ama permaisuri, saya kira orag-orangan sawah hua ha ha ha…” Afrijul Gaos bersoja pada Maharaja Syamsul Ulum dan permaisurinya.
”Iye ga kenape-nape Bapa jin,” kata Permaisuri sambil gemeter
”Ma’ rup…”
”Saye, To…”
”Kenape Dato dipanggil, mao ajak Dato jalan-jalan ke Bina Ria? Dato ga kepengen…”
”Itu To, tulungin saye cari pasangan dong, kalu bisa bidadari.” Kata Ma’rup kolokan sama Dato.
”Kecil Rup. Entar malem Dato anterin langsung ke kamar ente. Mau selusin, ape berape?” Dato nangtangin.
”Atu aje To..”
”Beres Rup. Sekarang Dato permisi, permisi Tuan Raja dan Permaisuri.”
Kite tinggalken Ma’rup sama bapak dan bundanya. Kite saksiken pagimane Afrijul Gaos nyulik bidadari.
Afrijul Gaos terbang, nguiiiing ke krajan bidadari. Kite tidak ceritaken panjang, die sampe dimane taman krajan. Aprijul Gaos mengintip ade satu bidadari yang lagi maen di kebon bunga. Afrijul Gaos mindik-mindik, tu bidadari ditegrep sama Afrijul Gaos. Terus dibawa terbang lagi, nguiiiing…
Bidadari-bidadari gempar. Satu kawannya yang bernama Hayatunnufus diculik sama jin yang mereka dapet tau bernama Afrijul Gaos. Jangan disual bidadari dapet tau dari mane. Ini urusan Bujangga yang empunya cerita.
”Awas kamu Afrijul Gaos. Kamu trima pembalesan dari tentara bidadari. Betul-betul bangsat kamu, Afrijul Gaos…” Kata kepala bidadari.
Kite tidak ceritaken panjang persiapan tentara bidadari yang bakal menggempur krajan jin Tamtam Jaduljan dibawah raja jin Afrijul Gaos. Kita saksiken apa yang kejadian di kamar Ma’rup Eskape.
Hikayat Ma’ruf Eskape – Gusrak, gusrak. Dari belakang lemari tau-tau nongol Afrijul Gaos dengen satu bidadari yang bukan maen cakepnye. Rambut beombak mayang mengurai. Muka nirus daon siri. Betis bunting padi. Mate besinar sama juga senter tiga batre. Alis kereng. Idung mancung sama juga gaetan kelambu.
Melihat Hayatunnufus, Ma’rup langsung ngegeloso.
”Dato, kawinin buru-buru deh, saye ude ga ketahanan.” Kata Ma’rup.
”Sabar Rup. Ini bukan urusan gigit cabe rawit, dikeletak langsung pedes. Kudu ditanya dulu sama jenisnye, die mau ga sama ente Rup. Ngebet sih ngebet, aturan kudu dipegang.” Kata Afrijul Gaos.
Hayatunnufus memandang Ma’rup yang duduk di pinggir tempat tidur.
”Ni anak ga jelek-jelek orang. Lagian aku belon pernah kenal lelaki. Di krajan bidadari perempuan melulu. Begini ye modelnye lelaki.” Kata Hayatunnufus dalem atinye.
Lama Hayatunnufus mandangin Ma’rup, timbul juga perasaan sir dalem atinye. Maklum Ma’rup kalu dipandang-pandang kagak bede sama bintang pelem P. Ramlee yang dari Malaysia.
”Rup, langsung ngomong sama Hayatunnufus dong, jangan diem aje kayak tunggul. Kalu jenga’ biar Dato ngumpet di belakang lemari.” Afrijul Gaos ngumpet di belakang lemari. Ma’rup maranin Hayatunnufus.
”Dinda, kakenda pengen kite bisa idup bedampingan.” Ma’rup buka omongan.
Hayatunnufus tidak menjawab. Melengkeng pegi ke deket jendela. Sembari mandangin bulan, maka berselokalah dia.
”Tung tipak titung, tung tipak titung. Tung tipak titung
Jauhlah jauh dinda dateng
Ke benua negeri yang dinda tidak tau
Ibaratnye pepaya mateng
Tulung kanda sigra coba’in jikalau mau
Duhai nasib badan timbangan tu badan
Tung tipak titung. Tung tipak titung”
Ma’rup mengetel aer matanye mendenger begitu merdu suara Hayatunnufus. Seloka dibales sama seloka. Ma’rup tarik dia punya suara.
”Tung tipak titung. Tung tipak titung.
Pepaye mateng darilah pu’un
Tumbunye banyak di deket utan
Kalu emang dinda mau rukun
Kenape kagak sekarang kite perang jabatan
Duhai nasib badan timbangan tu badan
Tung tipak titung. Tung tipak Titung”
Tau-tau Afrijul Gaos nongol dari belakang lemari.
“Op, op, op, ga kena begini urusannye, Rup. Ente kudu duduk nikah dulu baru perang jabatan. Pegimane ente, belon bedug ude sembayang.” Kata Afarijul Gaos.
Rupenye Afrijul Gaos dulunye penghulu. Tau die urusan munakahat. Bener die, orang kudu nikah dulu baru berhubungan pegimane carenya laki sama bini. Ga kaya anak sekarang, kawin belon ape belon, ude maen kuda-kudaan. Akhirnye ape, orang tua juga yang dapet malu. Punya perawan ude gendong gendang.
Hikayat Ma’ruf Eskape – Kite tinggalken Ma’rup dan kulawarganya di krajan benua negeri Azraki yang menyiapken peste perkawinan tuju ari tuju malem. Raja Syamsul Ulum, apalagi permaisurinya, bukan maen girangnya dapet mantu bidadari. Bidadari bener nih, bukan bidadari Monas. Ada pun Afrijul Gaos kembali pulang ke krajaannye di dasar lautan yaitu krajan jin Tamtam Jaduljan.
Afrijul Gaos lagi asyik mongmong anaknye maen ayunan. Begitu deh namenye juga jin, tu anak diayun lohor baliknye asar. Tau-tau bidadari kepung krajan Tamtam Jaduljan.
”Afrijul Gaos, Afrijul Gaos, keluar lu kalu berani. Ayu kite perang. Enak aje Hayatunnufus diculik ude gitu dikawinin sama mahluk bangsa manusia lagi. Keluar!!!” Kepala bidadari menangtang kepada Afrijul Gaos.
Panah, tumbak, dan jumparing kayak ujan menyerbu istana Tamtam Jaduljan. Banyak rakyat jin yang mati. Afrijul Gaos panggil pasukannya. Mereka menyerbu langsung bidadari yang lagi ngambang di udara.
”Hey tentara jin. Serbu tu bidadari.” Afrijul Gaos memberi aba-aba.
Jin-jin menyerbu bidadari sambil ketawa-ketawa. Bidadari jejeritan. Abisnye jin perangnye maen rogo empang. Ade juga jin yang mencet-mencet klakson bidadari.
Jin bukan maen repotnye deh. Tangannya gerayangan kesano kemari. Ada juga bidadari yang lemes lantaran dikitikin.
”Hey pasukan bidadari, ayu kite pulang.” Kata kepala pasukan bidadari.
Bidadari balik pulang ke krajannye.
”Kok pulang? Kite perang lagi yu?” Kata satu jin
”Ogah. Perang apa’an. Emangnye kite kulem dikobok-kobok.” Satu bidadari menyahut.
Kite tidak ceritaken panjang. Afrijul Gaos sama pasukannya balik ke krajan jin Tamtam Jaduljan. Peste perkawinan Ma’rup sama Hayatunnufus di istana kerajaan Azraki berjalan tuju ari tuju malem.
Hikayat Ma’ruf Eskape – Begitu deh kalu emang ude jodo. Kagak bakal kemane. Jodo nggak usah diudak-udak. Idup bepasang-pasangan ude jadi kodrat yang dateng daripade Allah.
Nah, saudara hadirin yang saya muliakan, begitulah hikayat si Ma’ruf. Mohon maaf atas segala kekurangan atau kesalahan. Mohon redlonya.
Robbana hablana nin azwajina wazurriyyatina qurrota ’ayun waj’alna lilmuttaqiena imama. Robbana atina fiddunya hasanah, wafil akhirati hasanah, waqina ’azabannar. Wabillahi taufiq wal hidayah, wassalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh.
Dihikayatkan oleh Yahya Andi Saputra
Referensi
- Braginsky, Vladimir. 2009. “Jalinan dan Khazanah Kutipan: Terjemahan dari Bahasa Parsi dalam Kesusastraan Melayu, Khususnya yang Berkaitan dengan ‘Cerita-Cerita Parsi’” dalam Sadur: Sejarah Terjemahan di Indonesia dan Malaysia. Jakarta: KPG dan EFEO, Forum Jakarta-Paris, Pusat Bahasa, Universitas Padjadjaran.
- Muhadjir. 2000. Bahasa Betawi: Sejarah dan Perkembanganya. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, PMB-LIPI, dan The Ford Foundation.
- Muhadjir, dkk. 1986. Peta Seni Budaya Betawi. Jakarta: Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.
- Saputra, Andi Yahya dan Nurzain. 2009. Profil Seni Budaya dan Betawi. Jakarta: Lembaga Kebudayaan Betawi dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.
- Sedyawati, Edi dkk (ed.). (1999). Performing Arts. Singapura: Archipelago Press.
- Sedyawati, Edi (ed.). 2005. Betawi dan Jakarta: Tinjauan Budaya. Prosiding Seminar Depok: Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Pemerintah DKI Jakarta bekerja sama dengan PPKB DRPM UI.
- Sedyawati, Edi. 2008. “Sastra dalam Kata, Suara, Gerak, dan Rupa” dalam Metodologi Kajian Tradisi Lisan. Jakarta: Asosiai Tradisi Lisan.