Lamaran Orang Betawi Tradisi Betawi
Lamaran, Dokumentasi Lembaga Kebudayaan Betawi

Lamaran Orang Betawi Tradisi Betawi

Kebudayaan Betawi – Lamaran Orang Betawi Tradisi Betawi. Bagi orang Betawi ngelamar adalah pernyataan dan permintaan resmi dari pihak keluarga laki-laki (Calon Tuan Mantu) kepada pihak keluarga wanita (Calon None Mantu), dan ditegaskan bahwa Si Fulan sangat berhasrat mempersunting dan memperistrikan Fulanah. Saat itu juga keluarga pihak laki-laki mendapat jawaban persetujuan atau penolakan atas maksud tersebut. Sesuai dengan adat dan tradisi Betawi, Lamaran Orang Betawi harus dipersiapkan bawaan pokok yang ada pada waktu ngelamar, antara lain :

  1. Sirih Lamaran dan dibeberapa tempat dikenal dengan nama sirih embun, ini bawaan pertama dan utama yang wajib sifatnya. Bawaan ini sebagai lambang kegembiraan pihak keluarga dan orang tua laki-laki, karena tahap ngedelengin telah sampai pada tahap ngelamar. Dia juga merupakan lambang kehormatan dan penghargaan terhadap keluarga pihak orang tua gadis dan tentu saja gadisnya sendiri yang memiliki keanggunan dan terpelihara moral dan akidahnya. Perlengkapan Sirih Lamaran terdiri dari : 1. Nampan kuningan, kalau sekarang nampan apa saja berbentuk bulat, lonjong atau persegi. 2. Kertas minyak berwarna cerah untuk alas napan dibentuk berenda-renda. 3. Daun sirih dilipat bulat dan diikat potongan kertas minyak warna-warni. 4. Sirih tampi, yaitu sirih yang telah diisi dengan rempah-rempah untuk nyirih (kapur, gambir, pinang). 5. Bunga rampai tujuh rupa. 6. Tembakau yang sudah dihias berbagai bentuk.
  2. Pisang raja jumlahnya dua sisir. Ujung pisang rajanya dibungkus atau dibuatkan topi dengan warna kuning atau merah atau warna emas dan metalik. Pisang ini pun diletakkan di atas nampan seperti a:1 di atas.
  3. Roti tawar. Roti atau ruti ini pun diletakkan di atas nampan dihias kertas warna-warni. Keberadaan ruti ini sama halnya dengan pisang raja, artinya mutlak harus dibawa. Dengan pisang, ruti ini menjadi pasangan yang orang. Betawi sebut ruti-pisang. Apa maknanya keharusan membawa ruti, sampai sekarang belum ada penjelasannya. Tengah diupayakan mencari dan menggali segi historisnya.
  4. Hadiah pelengkap. Selain persyaratan utama, dibwa juga hadiah pelengkap. Hadiah ini pada dasarnya merupakan pemberian dari saudara kandung kedua orang tua Calon Tuan Mantu atau dari saudara kandung si calon yang telah berkeluarga. Hadiah tersebut dapat berupa bahan baju kebaya, kain Batik Tige Negeri, kain panjang, perlengkapan kosmetika, selop dan sebagainya. Hadiah ini utamanya sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atau  menambah rasa kegembiraan dan terima kasih atas diterimanya keponakan atau saudaranya oleh pihak Calon None Mantu.
  5. Para utusan. Utusan untuk menyampaikan antaran lamaran ini terdiri dari :
  6. Mak Comblang. Ia adalah orang yang paling besar tugas dan tanggung jawabnya sehingga rombongan Calon Tuan Mantu sampai pada tahap ngelamar. Saat ngelamar ini ia bertugas membuka pembicaraan awal sehingga dialong antara pihak Calon Tuan Mantu dengan pihak Calon None Mantu berjalan penuh kekeluargaan dan kegembiraan.
  7. Dua pasang wakil orang tua dari Calon Tuan Mantu terdiri dari sepasang wakil keluarga ibu dan sepasang dari wakil keluarga bapak. Dulu orang Betawi mengutamakan utasan ini adalah keluarga yang sudah jadi haji atau yang memahami masalah-masalah keagamaan, dengan harapan apabila pembicaraan sampai pada tahap tande putus, semua perencanaan ke depan tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Kehadiran pihak keluarga ibu maupun pihak keluarga bapak dari Calon Tuan Mantu dalam rombongan utusan ngelamar ini merupakan pertanda bahwa pihak yang diwakili telah menyetujui rencana dan pelaksanaan lamaran. Dengan ini pula diharapkan nantinya lamaran akan sampai pada tahap pernikahan dan pada saatnya nanti keluarga baru itu akan membina keluarganya menjadi keluarga sakinah yang langgeng penuh kasih sayang serta saling hormat-menghormati.

Lamaran Orang Betawi, Dari pihak Calon None Mantu diharapkan hadir pula orang-orang yang memiliki hubungan serupa dengan pihak Calon Tuan Mantu. Hal ini sebagai lambang bahwa kedatangan utusan orang tua Calon Tuan Mantu diterima dengan tangan terbuka oleh keluarga Calon None Mantu.

Lamaran Orang Betawi. Tatkala rombongan utusan ngelamar telah berada dalam rumah dan bersama-sama duduk dengan tuan rumah, maka pembuka acara adalah Mak Comblang. Contoh dialog  sederhananya sebagai berikut (MC : Mak Comblang, WTR : Wakil Tuan Rumah):

 

MC       :Assalamu’alaikm Wr. Wb.
Hadirin :Walaikum salam Wr. Wb.
MC       :Audzubillahiminasysyaitonirrijiem. Bismillahirrahmanirrahiem. Alhamdulillahi rabbil ‘alamien, wabihi nastaien, ‘ala umuuriddudya waddien, wassolatu wassalamu ‘ala asyrafil anbiyai walmursalin, wa’ala alihi wasohbihi ajmaien. Amma ba’du. Kite bersyukur kepada Allah, bahwa saat ini kite bersame  masih diberi nikmat sehat wal afiat sehingga kite masih bisa bersilaturrahmi ditempat yang mulia ini dalem suasana gembira penuh persaudaraan. Saye ngucapin beribu-ribu terime kasih yang mane kite diterima dengan ikhlas hati di rume ini. Rasenye rume ini jadi rume saye sendiri. Saye pada saat ini hari, dateng bersame rombongan dan wakil orang tua calon Tuan Mantu bermaksud mao nerusin omongan nyang dulu-dulu, nyang waktu itu saye ame nyang empunye rume ude paketan, bahwa saye ude bole dateng ngelamar kemari.
WTR     :(Biasanya tuan rumah pun memulai pembicaraan dengan hamdalah, baru kemudian menjawab maksud tetamunya). Saye atas nama dan selaku wakil dari orang tua Calon None Mantu nyampein salam takzim dan ucapan terime kasih bahwa Empok, misalnya, Hj. Jamilah bersame-same rombongan nyang terhormat ude mao nyampe dan masuk ke gubuk kite nyang rombeng ini. Ini tentunye suatu kehormatan nyang luar biase dan belon tentu bise kite bales dengan baek, kecuali kite minte kepada Allah SWT semoge  acare ngelamar nyang saye wakilin hari ini mendapet ridlo Allah. Berhubung rume kite di sini rade sempit, kirenye dimaapin segale penerimaan kite yang kurang.  Sekirenye Allah ude tentuin nyang kite bakal menjadi keluarga besar, emang kagak ade nyang dapet ngalangin keputusannye Allah. Ini emang nyang baek.

(Seluruh yang hadir terutama pihak Calon None Mantu akan mengangguk tanda setuju. Air muka mereka pun kelihatan cerah dan gembira. Jawaban seperti ini biasanya pertada baik dan kiasan bahwa lamaran akan diterima).

MC       :Alhamdulillah. Seudenye kita same denger nyang di sini ude bersedie nerima lamaran kita. Mengka itu Mpok dan Abang wakil tuan rume semue bise ngeliat, nih, nyang kite ude bebawaan antaranye sirih lamaran komplit ame perangkatnye. (Mak Comblang menarik nafas panjang dan sambil membetulkan kudungannya dilanjutkan omongannya). Tapi sebelonnye bebawaan ini diterime, mohon maaf sebesar-besarnye sekirenye saye bermaksud mao nanya sedikit …
WTR     :Nanya ape, Pok? Sekire kite tau, tentu kite kasi tau. Tapi sekirenye kite nggak tau, maapin aje, engkali emang pengetahuan kite segitu-gitunye.
MC       :Kite nyang dari jau nyampe kemari, tapi ngomomg-ngomong mane die Calon None Mantu kite? Yah… orang kate Ncang dan Ncing Calon Tuan Mantu nyang ikut beserte saye kesini pengen belajar kenal ame Calon None Mantu. Ape bole?
WTR     :O… itu? Boleh, boleh! (Lalu Calon None Mantu dijemput ke ruang dalam oleh salah seorang keluarganya yang kemudian mengiringinya menemui wakil keluarga Calon Tuan Mantu. Calon None Mantu memakai busana None Betawi. Duduk sebentar di samping wakil orang tuanya, setelah diperkenalkan ia dipersilahkan melakukan sembe takzim kepada semua wakil utusan. Sebaliknya seluruh wakil utusan Calon Tuan Mantu berkewajiban memberikan uang sembah lamaran yang sudah disipkan di dalam angpau. Setelah None Calon Mantu selesai melakukan sembe takzim, semua barang bawaan ngelamar diserahkan kepada wakil tuan rumah dan dibawa ke dalam secara estafet. Setelah barang bawaan ngelamar dibawa masuk, dikeluarkan pengetean. Sambil menikmati pengetean itu, kedua belah pihak ngobrol atau berkenalan lebih jauh. Diujung obrolan itu biasanya direncanakan kesepakatan acara bawa tande putus.  Sampai di sini peranan Mak Comblang yang selama ini sangat dominan dianggap selesai).

 

Check Also

MALEM TUTUP BUKU

MALEM TUTUP BUKU

Malam Nisfu Sya`ban Tahukah anda bagaimana cerita panjang mengenai Bulan Sya`ban ? Jika dilihat hingga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *