Nuju Bulan

Nuju Bulan Tradisi Betawi

kebudayaan betawi – Nuju Bulan. Orang  Betawi sangat  memikirkan  dan memuliakan  perempuan yang hamil. Perempuan hamil adalah pintu gerbang bagi penciptaan generasi penerus yang handal. Betapa tidak? Dari perempuan yang suburlah diharapkan lahir generasi penerus yang sehat dan pada gilirannya akan menggantikan kedudukan generasi tua. Di pundak generasi penerus itulah kehidupan dan masa depan dilimpahkan. Meski sudah disadari bahwa pergantian generasi merupakan sunnatullah yang pasti akan terjadi pada suatu kaum atau bangsa. Apakah pergantian generasi itu lebih baik atau lebih buruk, tergantung pada kesungguhan dalam mempersiapkan pengkaderan generasi yang akan datang. Jika dipersiapkan dengan baik dan sungguh-sunguh insya Allah akan menghasilkan suatu generasi yang lebih baik.

Ada beberapa keharusan dan pantangan yang senantiasa harus diingat dalam memelihara kehamilan. Perempuan hamil harus senantiasa berzikir (memuji keesaan Allah) dan sesering mungkin membaca shalawat dan membaca Al-Qur’an khususnya surat Yusuf. Sedangkan pantangannya antara lain jangan membunuh binatang, jangan menghina fisik orang lain, dan jangan membicarakan keburukan orang atau hal-hal buruk lainnya. Ia juga dilarang makan daging ayam yang kena sakit sampar, ikan yang berenangnya miring, daging babi, pisang ambon, nanas, nangka dan isi perut binatang ternak. Kalau pantangan itu dilanggar tanpa disadari akan berakibat buruk bagi anak yang dilahirkan. Bisa saja si anak akan cacat secara fisik. Sedangkan pantangan memakan daging ayam, ikan dan daging bagi ibu hamil seperti disebut di atas agar anak yang dilahirkan tidak kena penyakit ayan (epilepsi). Banyak ditemui kejadian yang berkenaan dengan kasus itu.

Pada kehamilan muda biasanya ada keunikan yang dialami perempuan hamil yang disebut ngidam. Ngidam asal kata dari idam dan menjadi kata dasar bahasa Betawi menjadi ngidam. Ngidam artinya keinginan makan yang macam-macam atau keinginan mendapatkan sesuatu yang tidak lazim. Jika keinginan itu tidak terpenuhi anak yang nanti dilahirkan akan terus-menerus ngiler (mengeluarkan air liur).  Dahulu ada seorang perempuan yang ngidam ingin makan buah-buahan yang sangat langka atau memang sedang tidak musim. Ada pula yang ingin melihat trem karena perempuan yang hamil itu tinggal di pinggir kota dan tidak pernah melihat trem. Suami dari perempuan hamil itu mau-tidak mau harus menuruti keinginan itu untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diharapkan.

Kebiasaan lain yang juga dikerjakan oleh perempuan hamil adalah memakai benda-benda kecil yang tajam. Benda itu dicantumkan di bajunya entah berupa pisau kecil, gunting kecil, gunting kuku, dan sebagainya. Sering pula perempuan hamil itu membawa sapu lidi bila ingin pergi belanja ke warung atau ingin buang air. Menurut kebiasaan benda-benda kecil itu sebagai alat pencegah dari kejahatan orang alus (jin, belis, setan, mahluk halus lainnya). Tetapi kebiasaan itu pada saat ini sudah ditinggalkan karena ajaran Islam telah lebih dominan sehingga penekanannya lebih kepada tawakkaltu alallah.

Tahap upacara kehamilan selanjutnya adalah nuju bulan.  Di daerah Marunda upacara ini disebut kekeba. Upaca ini dilakukan karena bayi dalam rahim pada usia itu sudah dianggap sempurna, sudah berbentuk, dan diberi roh oleh Allah, sehingga harus disyukuri dalam bentuk upacara. Ia juga bertujuan memberi rasa aman kepada keluarga si ibu yang sedang mengandung agar tidak terjadi malapetaka bagi diri dan keluarganya.

Upacara nuju bulan ini dilakukan untuk anak pertama. Tanggal pelaksanaannya biasanya antara tanggal 7, 17, atau 27 dari bulan hijriyah. Orang Betawi biasanya memilih tanggal 7 atau 17, karena tanggal 27 dianggap sudah masuk bulan ke delapan.  Upacara nuju bulan dilakukan tiga tahap yaitu selametan (tahlilan) dengan membaca surah Yusuf di dalam ruangan, mandi air kembang di kamar mandi, dan ngirag di kamar tidur. Ngirag di daerah lain disebut juga gedog. Dapat pula dilakukan sebaliknya, mulai dari ngirag dan seterusnya.

Alkisah istri Bang Mugeni yaitu Empok Aisyah sedang bunting alias hamil. Kire-kire seminggu lagi umur buntingannye nyampe tujuh bulan. Menurut adat kebiasaan orang Betawi kalu bini bunting sudah sampai tujuh bulan, harus diadain selametan nuju bulan. Tapi Bang Mugeni belon faham pegimane tata cara ngelaksanain selametan nuju bulan. Maklum ini kehamilan bininye nyang pertame. Pikir punye pikir die kudu dateng ke rume Nyaknye di kampung Pedurenan buat minta nasehat.

Sesampenye di rumah Nyaknye, Mugeni nyrocos kayak petasan cabe rawit kagak ketahanan nyeritain maksud tujuan kedatengannye.

“Ala … ntu sih pekara gampang, Ni …” kata Nyaknye kalem.

“Gampang pegimane, Nyak?” Mugeni nanya sambil cengengesan tapi serius.

“Nyang penting sekarang lu sedian duit. Lu ude punye duit?”

“Ya … atu dua sen sih megang, Nyak”

“Heh, nyang bener dong. Masa atu dua sen. Emang sekarang jaman ape, jaman kuda gigit besi? Sekarang mah bukan pake sen-senan, tapi juta-jutaan!”

“Iye, Nyak. Insya Allah ade, deh…!”

“Bener ude ade?”

“Ade, tapi kurang dikit…”

“Kurang dikit – kurang dikit. Begini. Lu siapain keperluan selametan. Pertama lu dateng ke masjid Al-Muttaqien dan temuin Guru Minan dan minte sekalian die nyang mimpin tahlilan. Minte dicariin juga tige orang muridnye buat baca surat Yusuf. Lu minte tulung ame Ustaz Nurali buat baca maulid. Nanti Nyak nyang minta Mak Aji Fat buat ngirag bini lu.” Kata Nyaknye. Mak Aji Fatmah dikenal sebagai dukun beranak. “Lu, paham, kagak?”

“Iye, Nyak, paham. Ade lagi, Nyak?”

“Iye. Gue ampir lupe. Lu beli tuju rupe kembang buat mandiin bini lu. Beli juga buah-buahan buat bikin rujak. Cari ampe ketemu buah delime atawa buah jeruk bali, jangan ampe kagak. Nanti Nyak suru si Gaye buat bantuin bini lu bikin rujak. Gua juga mao minta dibeliin kaen panjang ame abang lu nyang dagang di Tenabang.”

“Bae, Nyak!”

“Eh, ngomong-ngomong ari ape mao dibikin?”

“Temunye ari ini, Nyak. Ari Minggu, abis lohor kalu bisa.”

“Kenape ari Minggu … kan Nyak pegi ke Kwitang… Abis lohor lagi!“

“Pere dulu deh, ke Kwitangnye. Pan nuju bulan bini aye kagak saban ari Minggu…Abis lohor selametanye, tapi ngiragnye mulain  jem 8 pagi.” Mugeni menjelaskan. Nyaknye manggut-manggut tande setuju.

“Nyak masak ape? Nyayur asem nggak?” Tanya Mugeni sembari raba-raba perutnye.

“Emangnye lu belon makan?” Nyaknye balik nanya.

“Belon, Nyak. Aise keliatannye lemes aje. Kesian aye nyuruh die masak. Bawaan orok kali. Jangan-jangan lelaki anak aye. Na, kemaren aye beli nasi bungkus di warung Padang.”

“Sono lu ke dapur. Cari sendiri. Nyak segen nyediain lu.”

Mugeni masuk ke dapur. Dia buka gerobog dan ngeratak nyari makan. Sambil makan Mugeni ngingetin perente Nyaknye. Keperluan nyang kudu  disiapin adalah :

  1. Menghubungi kyai yang memimpin tahlilan.
  2. Menghubungi pembaca surat Yusuf
  3. Menghubungi pembaca Rawi (maulid Nabi)
  4. Menguhubungi dukun beranak buat ngirag
  5. Menyiapkan kembang tujuh rupa buat mandiin bininye
  6. Menyiapkan buah-buahan tujuh macem (salah satunya buah delima) untuk membuat rujak
  7. Menyiapkan kain panjang baru

Hal yang lebih penting tentu saja mengundang famili dan tetangga untuk datang selametan nuju bulan. Mugeni mulai menghitung berapa biaya yang dibutuhkan. Pada pikirannya sudah terbayang bahwa biaya konsumsi termasuk yang paling besar. Paling kagak dia kudu motong kambing buat bikin nasi kebuli. Belum lagi kalau perlu menyiapkan sayur tangkar. Atawa bikin nasi uduk nyang pake empal dan semur daging. Kue-kue Betawi (talam udang, kelen, andepite, sengkulun, alie begente, abug, dan lain-lain) kudu juga diborong. Belon lagi buah-buahanye. Mugeni mengerutkan jidatnye. Berat juga, pikirnye.

Singkat cerite sampe kite di hari selametan nuju bulan Pok Aisyah, bininye Bang Mugeni. Pagi-pagi sekiter pukul 9 kurang 20 menit Mak Aji Fat ude dateng seraya memberi salam.  Mak Aji Fat umurnye kire-kire 56 taonan. Buru-buru Nyaknye Mugeni nyautin salam dan menyambut kedatangan dukun beranak itu.

“E … Mak Aji! Masuk deh, sini. Sendirian? Biasanye ditemenin Si Mide, cucunye.”

“Iye, Mak sendirian. Si Mide belon pulang lari pagi ke Senayan. Gue tunggu-tungguin belon pulang, na gue pegi aje.” Jawab Mak Aji Fat sembari betulin kudungannye. “Pegimane, ude disiapin semue?” Tanya Mak Aji Fat lagi.

“Ude. Duduk dulu deh! Ise, Ise! Ambil teh buat Mak Aji Fat.”

“Entar aje, deh, ngetenye. Mak ude nyarap nasi uduk di rume.”

“Tapi Mak, kan, baru nyampe. Masa iye langsung megang-megang perut si Ise.  Baenye minum dulu, sembari nungguin Si Gaye ame Si Ise kelar bikin rujak.”

“Bikin rujak ape, die?” Tanya Mak Aji Fat

“Rujak buahan nyang diiris-iris. Abis mao bikin rujak bebek nggak ade lumpangnye. Na, Si Mugeni aje baru pulang nyari delime. Suse dapet buah delime sekarang, nggak kaya dulu saban rume nanem delime.”

“Kagak kudu pake delime, pake jeruk bali juga bole. Rujak, kan, kagak diwajibin. Itu kebiasaan kite aje. Malaan orang kota  nggak pake begitu-begituan segale. Nyang utama kite panggil kyai buat tahlilan dan baca surah Yusuf.”

“Minum dulu tehnye, Mak Aji.” Aisyah meletakkan teh dan memepersilahkan Mak Aji Fat minum sambil sesaat kemudian salaman mencium tangan Mak Aji Fat. Lalu mereka ngobrol ngalor – ngidul, menunggu segala sesuatu dipersiapkan.

Pas jem 9  acara ngirag dimulain. Ngirag artinya mengurut tubuh ibu hamil dan membetulkan posisi bayi dalam perut ibunya. Di daerah lain disebut juga gedog. Seorang dukun beranak akan mengetahui dengan pasti posisi bayi dalam perut. Dulu banyak kasus bayi lahir nyungsang karena si ibu tidak pernah memeriksa posisi bayinya ke dukun beranak. Kalau jaman sekarang namanya di-USG. Keahlian dukun beranak salah satunya adalah membetulkan posisi cabang bayi dalam perut, jangan sampai posisi bayi nyungsang. Jika posisi demikian tidak dibetulkan, ketika melahirkan keluarnya si cabang bayi kaki duluan sehingga harus operasi sesar atau operasi besar.

Urut-urutan pelaksanaan ngirag adalah : 1. Ibu hamil (hanya memakai kain panjang baru) diurut seluruh tubuhnya menggunakan minyak kelapa buatan si dukun beranak. Tentu saja ada bacaan-bacaan khusus yang hanya diketahui oleh dukun sendiri. 2. Posisi ibu hamil seperti orang sujud dan perutnya akan digosok dan digoyang-goyangkan ke arah kiri dan kanan dengan kain panjang yang dipakainya. 3. Diurut lagi. 4. Dimandiin air kembang (tujuh rupa) yang telah disediakan. Mandi ini akan menghilangkan minyak kelapa bekas urutan tadi dan akan menimbulkan bau wangi pada tubuh si ibu hamil. Saat dimandikan ini disediakan tempat khusus, namun jaman sekarang dilakukan di kamar mandi. Selesai ngirag, kain yang dipakai si hamil tadi akan diberikan kepada dukun beranak. Ini sebagai ungkapan rasa terima kasih si hamil dan simbol keterikatan batin si hamil kepada dukun beranak. Tentu saja yang diberikan tidak cuma kain yang telah dipakai itu, tapi ditambah lagi dengan kain baru dan hadiah-hadian lainnya.

Upacara ngirag biasanya dihadiri oleh kaum ibu (teman-teman arisan atau majlis taklim). Mereka bisa ikut mengguyur air kembang saat memandikan sambil memcaca surah Al-Ikhlas sebanyak-banyaknya. Setelah itu disediakan konsumsi ala Betawi yang makannya bersama-sama sambil besile. Disediakan juga rujak buah-buah yang dibikin oleh si ibu hamil tadi. Rujak ini biasanya dapat dijadikan sebagai bahan bercanda di antara ibu-ibu undangan. Kalau rujak rasanya terlalu manis, dikatakan bahwa anak yang akan lahir nantinya adalah perempuan. Kalau tidak manis dikatakan anaknya laki-laki. Jika yang dibikin rujak bebek tentu yang rasanya amat pedas dikatakan anaknya perempuan, dan sebaliknya kalau tidak pedas.

Lain halnya dengan upacara selametan nuju bulan yang biasanya dilakukan jam 4 sore setelah Asar atau jam 7.30 malam ba’da shalat Isya. Saat ini upacara didominasi oleh kaum laki-laki dan kaum ibu biasanya bertugas mengurus konsumsi. Urutan acaranya sebagai berikut:

  1. Pembukaan, yaitu pembacaan surat Al-Fatihah
  2. Sambutan ucapan terima kasih dari sohibul hajat (tuan rumah)
  3. Pembacaan surah Yusuf dan kadang-kadang dilanjutkan dengan pembacaan surah Muhammad. Pembacaan kedua surah ini dimaksudkan sebagai permohonan kepada Allah agar anak yang dilahirkan nanti berkepribadian dan berparas elok rupawan bak wajah dan perilaku Nabi Yusuf dan Nabi Muhammad SAW. Pembacaan ini dilakukan tiga orang yang masing-masingnya membaca sebanyak 3 lembar. Ini maksudnya untuk mempersingkat waktu pembacaan, sebab kalau yang membaca hanya seorang akan memakan waktu 20 menit. Sebenarnya yang dianjurkan membaca adalah suami si hamil, karena dialah yang paling berkepentingan dengan anaknya yang akan dilahirkan. Namun karena sohibul hajat mengundang banyak orang, dia terlebih dahulu menyambut dan menghormati kedatangan undangan, sehingga pada hari itu dia tidak baca. Tapi dia dianjurkan membacanya tiap malam.
  4. Zikir dan tahlil
  5. Pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Maulid yang dibaca umumnya Syarafal Anam dan Maulid Diba. Dibaca pula hikayat Syeh Saman.
  6. Doa dan penutup. Selesai acara dilanjutkan dengan makan-makan dan pemberian berkat.

 

Check Also

MALEM TUTUP BUKU

MALEM TUTUP BUKU

Malam Nisfu Sya`ban Tahukah anda bagaimana cerita panjang mengenai Bulan Sya`ban ? Jika dilihat hingga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *